Cara Merawat Rambut Rusak Karena Catok

Untuk perawatan tersebut Anda tidak perlu pergi ke salon dan perlu mengeluarkan biaya mahal. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan nutrisi rambut yang biasa Anda gunakan di rumah. Banyak cara yang dapat Anda lakukan agar rambut kembali sehat. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Cari alat catok yang bagus

Alat catok merupakan salah satu peralatan yang hampir ada di seluruh kamar wanita. Selain bisa meluruskan rambut, alat catok bisa digunakan untuk mengeriting. Namun, ada hal-hal yang harus diperhatikan untuk mencegah kerusakan rambut akibat catok, yaitu memilih alat catok dengan kualitas baik. Catok murah berkualitas buruk akan berdampak negatif pada rambut, seperti rusaknya lapisan rambut, hingga berpotensi membuat rambut terbakar.

Gunakan serum rambut

Jika memang Anda perlu menggunakan alat catok maka Anda dapat menggunakan serum rambut. Serum rambut berguna untuk melindungi rambut dari panasnya alat catok. Perawatan rambut rusak akibat catok menggunakan serum rambut memang dianjurkan. Hal ini karena panas yang ditimbulkan dari alat catok dapat diredam agar tidak terjadi kerusakan pada rambut.

Gunakan masker rambut

Rambut rusak akibat catok dapat Anda kembalikan dengan nutrisi rambut. Bagi rambut rusak dibutuhkan nutrisi rambut yang lebih banyak dibanding rambut normal. Ini dikarenakan hilangnya kekuatan alami pada rambut yang diakibatkan rusaknya lapisan keratin. Untuk itu, Anda dapat menggunakan masker rambut yang dapat meresap ke dalam batang rambut. Cara tersebut cukup ampuh merawat rambut rusak akibat catok serta berguna untuk menutrisi rambut Anda.

Hindari hairstyling berlebihan

Cara ampuh selanjutnya untuk perawatan rambut adalah hindari hairstyling yang berlebihan. Jika Anda memiliki rambut panjang dan sering diikat atau menggunakan aksesoris tertentu maka Anda disarankan untuk mengurangi hal tersebut. Anda lebih baik membiarkan rambut terurai alami dan cukup menggunakan sisisr untuk merapikannya. Selain itu, Anda juga harus menghindari penggunaan pengering rambut yang berlebihan. Kemudian saat posisi tidur usahakan hindari penggunaan aksesoris agar rambut lebih ringan.

Gunakan shampo dengan kandungan keratin

Keratin merupakan protein rambut pembentuk struktur komponen utama pada rambut Anda. Keratin ini mudah rusak jika salah dalam proses styling atau sering menggunakan bahan kimia dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, jeratin juga dapat rusakakibar menyisir dan mengikat rambut terlalu kencang. Sehingga keratin sangat penting sebagai pengganti protein rambut yang semakin menipis. Untuk perawatan rambut rusak akibat catok Anda dapat menggunakan shampo yang mengandung keratin. Keratin jiga dapat menggantikan sel-sel rambut yang rusak.

Vitamin rambut

Tips selanjutnya adalah dengan menggunakan vitamin rambut. Vitamin ini bertujuan untuk menutrisi pada rambut yang kering akibat alat catok. Vitamin rambut sangat penting karena rambut yang rusak sangat susah mendapatkan atau menyerap vitamin dari dalam tubuh.

Gunakan conditioner

Setelah menggunakan shampo yang mengandung keratin, Anda juga disarankan untuk menggunakan conditioner. Hal ini berguna untuk menjaga kelembaban pada rambut. Rambut yang rusak karena alat catok biasanya akan terlihat kering dan kusam, dengan penggunaan condisioner sesuai jenis rambut maka akan memberikan minyak alami yang dapat melembabkan rambut.

 

source:

http://www.penumbuhrambuttradisional.com/5-cara-ampuh-merawat-rambut-rusak-akibat-catok/

http://www.cantiknsehat.com/cara-mudah-perawatan-rambut-rusak-akibat-catok/

 

 

Leave a comment